Cara berlatih Fingering Bass

Posted: Kamis, 03 Juni 2010 by Muhammad Nur Al Fajri in Label:
5


1. Langkah pertama sebelum memulai latihan biasakan pemanasan dengan peregangan pada persendian tangan kita.

2. Mulai dari tempo yang lambat. Pelajari terlebih dahulu pola fingering yang akan di latih sampai terkuasai. Jangan paksakan jari kita untuk menekan terlalu keras pada neck bass. Tekanan pada senar bass yang ideal agar menghasilkan bunyi yang baik namun jari tetap terkontrol ialah dengan memulai dari tempo lambat sampai anda menemukan tekanan yang ideal.

3. Setelah semua terkontrol mulai latihan menggunakan metronome pada tempo lambat sekitar 80 beat/menit. Kemudian beri waktu anda melatih di tempo ini sekitar 3 menit s/d 5 menit, "Ingat jangan memanjakan jari kita, cape dikit wajar". Dan yang paling penting ialah jangan banyak berhenti, usahakan dalam waktu 3 menit tersebut anda tidak terputus-putus melatih satu pola fingering.

4. Naikan tempo secara perlahan dengan metronome dan lakukan pola seperti langkah di atas. Temukan batas maksimal speed anda, yaitu dengan kecepatan tertinggi namun tetap terkontrol dan bunyi nada tetap jelas. kecepatan akan didapat setelah power jari tangan kita terbentuk dengan baik. Jadi jangan memaksakan kecepatan jika power ideal anda belum terbentuk. Ingat pada tempo/ kecepatan apapun tubuh anda harus tetap rileks. dan titik tumpuan power berada pada jari dan tangan anda.
5. Tidak ada sesuatu yang instan dalam melatih fingering bass, salah satu syaratnya adalah konsisten. Lakukan pola latihan tiap hari minimal 1 jam anda melatih fingering. Dan jangan coba-coba meloncat pada pola fingering yang baru sebelum pola yang sedang di pelajari sekarang benar-benar maksimal. Terus kembangkan pola-pola fingering yang lebih menantang, sesuai dengan kebutuhan anda dalam bermain bass.

6. Rileks, nikmati, sabar, positive thingking, konsisten, disiplin, kreatif. akan mempercepat sesuatu dan anda akan terkesima melihat kemajuan anda. Semua datang melalui proses bukan kita yang hebat.
"Selamat Berlatih".......

5 komentar:

  1. maaf kak,,, ak ngambil kt 2 d blog kakk,,,
    masa sih kren,,, jlek pun...

  1. @Bassis. Good luck bro.

    @Risqi. Semuanya butuh proses. Coba dan coba lagi :)

    @Mas. Thanks bro.

  1. Unknown says:

    Keren buat sarannya...kalo ada pola yang lain buat semua pemain bass bagi" yaa..biar kita belajar bareng..salam kenal dri gw @kiki_nexx (bassist desis band)